Minggu, 14 April 2019

Pengenalan Pengolahan Data Elektronik

SEJARAH KOMPUTER

Awal penciptaan komputer didasari dengan perorganisasian maka dapat mendapatkan informasi dengan mudah. Berikut adalah evolusi mesin awal komputer :
1. Abacus (-2500BC): perangkat genggam yang terbuat dari manik-manik menyengat pada   batang dalam bingkai
2. Napier’s Bone (2500BC): Ini ditemukan oleh John Napier’s (1550 - 1617). Ini terdiri dari bantuan mekanis dengan batang kecil dengan tanda yang sesuai.dari 1 batang terdapat digit 1 sampai 9 dan menemukan logaritma untuk pembagian dan perkalian dengan melakukan penambahan dan pengurangan.
3. Slide Rule (1600AD) oleh William Oughtred (1575 – 660) menciptakannya pada 1622 dan diumumkan pada 1632 terdiri dari aturan yang menandai mewakili logaritma angka dan juga memungkinkan perhitungan melibatkan eksponen, fungsi trigonometri, dll.
4. Kalkulator mekanik Pascal (1600) atau Numerical wheel calculator: -Blaise Pascal (1623 -1664).pada 1642 menemukan mesin penambah pertama yang disebut Pascaline. Kotak persegi panjang yang terbuat dari kuningan menggunakan delapan lemparan yang bisa dipindah-pindahkan dan memiliki 10 basis
5. Pengganda mekanis Leibnitz (1600): Pada 1694 Gottfried Wilhem Von Leibnitz (1646 -1716) mengembang mesin menjadi sistem panggilan dan gigi.
6. Colmar's Kalkulator (1820) oleh Charles Xavier Thomas de Colmar mengambangkannya menjadi lebih menarik
7. Mesin Punched-Card (Jacquard’ s loom) (1801): Joseph Marie Jacquard.
8. Komputer mekanis: Charles Gabbage (1792-1871) Ayah dari komputer.mesin ini didukung oleh uap dan besar sebagai lokomotif dan  memiliki program yang disimpan dan dapat melakukan hasil perhitungan secara otomatis. Kami juga mesin Analitis yang dikreditkan.
9. Hermann Hollerith (1860-1929)
1. Hollerith ‘s sistem kartu punch-card reader: -untuk menghitung hasil sensus pada tahun 1890 di AS.
2. membentuk perusahaan mesin tabulasi pada tahun 1896 (TMC) Mesin Tabulasi Otomatis (ATM) -1900
3. TMC diubah namanya menjadi International Business Machines Corporation (IBM) pada tahun 1924 setelah serangkaian merger.

Singkatnya,berawal dari mesin analog. Pada 1623, ilmuwan Jerman, Wilhelm
Schikard menemukan mesin yang bisa ditambahkan dan dengan bantuan tabel logaritma lalu berkembangdan dibagi. Dari penemuan kartu berlubang sampai menjadi program
pola untuk membuat kain tenun oleh Joseph-Marie Jacquard penemu Perancis pada abad ke-19.
Difference Engine, merupakan rancang awal 1820-an oleh matematikawan Inggris dan
ilmuwan Charles Babbage. Pada tahun 1930-an, seorang matematikawan Amerika, Howard Aiken, mengembangkan Mark I atau mesin hitung, yang dibangun oleh IBM. Mesin hitung elektronik ini menggunakan relay dan komponen elektromagnetik untuk menggantikan komponen mekanis.



Generasi komputer
1. Generasi Pertama - 1940-1956: Tabung Vakum.
Komputer ini pertama menggunakan tabung hampa untuk sirkuit dan drum magnet untuk memori,dan sering mengahabiskan banyak ruang juga mahal untuk di operasikan dan masih banyak kekurangan lain.dan di generasi ini komputer mengandalkan bahasa untuk melakukan operasi, dan mereka hanya bisa menyelesaikan satu masalah pada satu waktu. Masukan didasarkan pada kartu berlubang dan pita kertas, dan output ditampilkan pada hasil cetak. Komputer UNIVAC dan ENIAC. UNIVAC adalah komputer komersial pertama yang dikirim ke klien bisnis
2. Generasi Kedua - 1956-1963: Transistor
Transistor menggantikan tabung hampa udara.Diciptakan pada tahun 1947 tetapi tahun 50-an tidak dipandang luas. Transistor memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah danlebih hemat energi.kartu berlubang merupakan input dan hasil cetak dan pindah dari biner rahasia menjadi bahasa mesin untuk simbolik, atau perakitan, bahasa, yang memungkinkan pemrogram untuk menentukan instruksi dalam kata-kata. versi awal menggunakan COBOL dan FORTRAN  merupakan komputer pertama yang menyimpan instruksi ke dalam memori yang pindah dari drum magnetik ke teknologi inti magnetik dan untuk industri energi atom.
3. Generasi Ketiga - 1964-1971: Sirkuit Terpadu
Pada generasi ini Transistor miniatur dan ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkat dari kecepatan dan efisiensi komputer.untuk menjalankan banyak aplikasi yang berbeda sekaligus dengan program pusat yang memantau memori.Pada generasi ini Komputer pertama kalinya dapat diakses oleh audiens massal karena mereka lebih kecil dan lebih murah daripada dahulu.
4. Generasi Keempat - 1971-Sekarang: Mikroprosesor
Mikroprosesor seperti ribuan sirkuit terintegrasi Solusi Ahli Pelatihan Komputer Mengkaji Dasar-dasar Studi Komputer dibangun ke chip silikon tunggal.Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pertamanya untuk pengguna rumahan, dan pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Jas hujan. Mikroprosesor juga dapat dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan, yang akhirnya mengarah pada pengembangan Internet.
5. Generasi Kelima - Present and Beyond: Artificial Intelligence= Perangkat yang berdasarkan kecerdasan buatan, masih dalam pengembangan.

ANATOMI SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer untuk memproses data.berikut ini sistem perangkat :
1. Sistem perangkat keras: Perangkat keras komputer terdiri dari komponen yang dapat ditangani secara fisik.mengacu pada unit fisik atau mesin unit fungsional.
Fungsi dari komponen-komponen dibagi menjadi 3 kategori : input, output, dan penyimpanan. Komponen dalam kategori ini terhubung ke mikroprosesor,khusus, unit pemrosesan pusat komputer (CPU), sirkuit elektronik yang menyediakan kemampuan komputasi dan kontrol komputer, melalui kabel atau sirkuit yang disebut bus. Dan bisa dis ebut juga CPU yang  memerlukan Control Unit (CU),Arithmetic and Logic Unit (ALU) dan Internal Memory Unit (IMU) atau memori utama. Periferal terdiri dari input, output dan Unit Penyimpanan Tambahan.komputer terdiri dari lima elemen distrik untuk mencakup:
1. Unit pengolah pusat (ALU dan CU)
2. Unit masukan
3. Unit output
4. Unit penyimpanan (Internal dan Auxiliary)
5. Jaringan komunikasi
6. Dunia luar. (Kabel dan Kabel)
2. MOTHERBOARD: Motherboard adalah papan sirkuit tercetak yang menghubungkan   komponen lain melalui jejak, atau jalur listrik. Motherboard sangat diperlukan untuk komputer dan menyediakan kemampuan komputasi utama.

3. UNIT PENGOLAHAN TENGAH (CPU) adalah otak utama komputer yang menerima data, melakukan operasi pada data dan mengirim
Hasilnya. Informasi dari perangkat input atau dari memori komputer dikomunikasikan melalui bus ke Central Processing Unit (CPU), yang merupakan penerjemahkan perintah dan menjalankan program yang terdiri dari ALU dan CU, dan satu chip untuk melakukan perhitungan aritmatika dan logis dan mengendalikan operasi dari elemen lain dari sistem.
Sebagian besar chip CPU terdiri dari empat bagian fungsional:
1. ALU: Menghitung kemampuan baik operasi aritmatika atau logis.
2. Register: Area penyimpanan sementara yang menyimpan data jejak instruksi.
3. Bagian kontrol:mengatur pengoperasian seluruh sistem komputer, dengan menggunakan instruksi decoder untuk membaca pola data dalam register yang ditunjuk dan menerjemahkan pola ke dalam aktivitas, seperti
tambahan atau perbandingan
4. Bus Internal: Jaringan jalur komunikasi yang menghubungkan elemen internal prosesor ke arah konektor eksternal yang menghubungkan prosesor ke elemen lain dari komputer.
Fungsi utama CPU:untuk mengendalikan penggunaan penyimpanan utama dalam menyimpan data dan instruksi (yaitu ROM),Kontrol urutan operasi,memberikan perintah ke semua bagian sistem komputerdan melakukan pemrosesan.

4.PERANGKAT MASUKAN
Unit input yang terdiri dari perangkat eksternal, yang berfungsi mengambil informasi dan instruksi ke komputer. Contohnya:
1. Mouse adalah perangkat penunjuk yang dirancang untuk dicengkeram oleh satu tangan
2. Joystick adalah perangkat penunjuk yang terdiri atas tuas yang bergerak ke berbagai arah untuk menavigasi kursor atau objek grafis lainnya di layar.
3. Keyboard adalah alat mirip mesin tik yang memungkinkan pengguna untuk mengetikkan teks, numerik, dan mengeksekusi perintah dengan bantuan tombol fungsional pada keyboard.
4. Scanner Optik: Ini adalah peralatan penginderaan cahaya yang mengubah gambar seperti gambar atau teks menjadi sinyal elektronik yang dapat dimanipulasi oleh komputer.
5. PERANGKAT OUTPUT terdiri dari perangkat keras yang mentransfer informasi dari komputer CPU ke komputerpengguna.contohnya:
1. Adaptor Grafis Video: Ini adalah perangkat yang mengubah informasi yang dihasilkan oleh komputer menjadi visual
2. Printer: Informasi dan grafik yang diproses atau diproduksi dengan bantuan komputer dicetak sebagai hardcopy
3. Plotter: Output komputer ke mikrofilm atau fiche (COM) yang memproses informasi pada gulungan film (drumplotter) atau slide film (flatbed plotter).
6.PERANGKAT PENYIMPANAN
Ada dua jenis perangkat penyimpanan utama adalah disk drive dan memori. Ada beberapa jenis disk drive:hard disk drive, floppy disk, magneto-optical, dan compact disk.
1. Hard disk drive menyimpan informasi dalam partikel magnetik yang tertanam dalam disk yang dapat menyimpan informasi dalam jumlah besar dan mengambil informasi tersebut dengan sangat cepat dan memiliki ukuran berbeda seperti 1G, 10G, 40G, dll.
2. Floppy disk drive juga menyimpan informasi dalam partikel magnetik yang tertanam dalam removable disk, ini dari 2 tipe 51/4 floppy disk dan 31/2 floppy disk.
3. Disk drive magneto-optical menyimpan informasi pada cakram yang dapat dilepas yang sensitif terhadap sinar laser dan
4. Medan magnet. Mereka biasanya dapat menyimpan informasi sebanyak hard disk tetapi lamban
5. Compact Disc Drive menyimpan informasi pada lubang yang dibakar ke permukaan piringan bahan reflektif seperti

7.SISTEM MEMORI mengacu pada chip komputer yang menyimpan informasi untuk pengambilan cepat oleh CPU.pada dasarnya dibagi menjadi dua Read-Only Memory (ROM) berisi informasi penting dan perangkat lunak yang harus permanen
tersedia untuk operasi komputer dan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan informasi dan instruksi yang mengoperasikan
program komputer.Biasanya, program ditransfer dari penyimpanan pada disk drive ke RAM. RAM juga dikenal sebagai memori volatile karena informasi di dalam chip komputer hilang ketika daya ke komputer dimatikan atau komputer digantung.

PENGOLAHAN FILE

Pemrosesan file terdiri dari informasi atau data.Medium adalah objek yang digunakan untuk menyimpan informasi di komputer.contoh pemrosesan
1. Hard Disk Internal = Objek utama yang digunakan untuk menyimpan informasi di komputer disebut hard drive:Hard Drive Khas adalah kotak persegi panjang yang berisi beberapa cakram dan bagian lain.Hard drive ada di dalam komputer, terhubung ke objek datar lebar lain yang disebut motherboard, menggunakan kabel. Jenis hard drive ini disebut sebagai internal dan ini tipe yang paling klasik.
2. Hard Drive Eksternal = Hard drive eksternal biasanya dihubungkan ke komputer menggunakan kabel ke port (USB) di luar komputer.
3. Drive CD Internal adalah objek yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi pada disk yang disebut compact disc (CD). Ini juga terhubung mirip dengan hard drive internal.
4. Drive CD Eksternal=>Perbedaan hard drive internal, drive CD menggunakan disk bulat untuk
menyimpan datanya. Sementara hard drive miliknya sendiri banyak disk di dalam.
5. Drive DVD Internal = Drive ini terlihat seperti drive CD dan memiliki dimensi yang sama.
6. Drive DVD Eksternal
7. Flash Drives adalah drive kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan data.
8. Kartu Memori dan Pembaca

MANAJEMEN FILE

Bits dan Bytes Untuk menyimpan informasi, media seperti hard disk menggunakan sistem yang menyerupai kombinasi kotak-kotak kecil.Ilustrasi: Kotak hanya dapat menyimpan sepotong kecil informasi. Hanya boleh 0 atau 1. Ketika kotak kosong, itumemegang nilai 0. Ketika penuh, memegang nilai 1:
0
1
Anda dapat mewakili sepotong informasi dengan salah satu dari dua negara bagian. Kotak ini digunakan untuk mewakili suatu nilai disebut adigit bineratau bit (untuk digit biner).
0000, 0001, 0010, 0011, 0100
0101, 0110, 0111, 1000, 1001
1010, 1011, 1100, 1101, 1110
1111
Ini menghasilkan kombinasi biner berikut: 0000, 0001, 0010, 0011, 0100, 0101, 0110, 0111, 1000, 1001,1010, 1011, 1100, 1101, 1110, 1111 = 16 kombinasi. Saat menggunakan sistem desimal, kombinasi ini dapat direpresentasikan sebagai 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, dan 15.
Kombinasi ini juga merupakan sistem yang digunakan komputer untuk menghitung bit secara internal.
Ketika semua bit dari kelompok 4 adalah 0, kombinasi memiliki nilai terendah, yaitu 0000. Salah satu dari yang lain kombinasi memiliki setidaknya satu 0 bit, kecuali yang terakhir. Ketika semua bit adalah 1, ini memberikan nilai tertinggi mungkin untuk sekelompok 4 bit. Nilai terendah, juga dianggap nilai minimum, dapat direpresentasikan sebagai 0.
Nilai tertinggi, juga dianggap maksimum, dapat dinyatakan dalam nilai desimal sebagai 24 (2 mewakili fakta bahwa ada dua kemungkinan keadaan: 0 dan 1; 4 mewakili fakta bahwa ada empat kemungkinan kombinasi), yang 16. Ini menghasilkan 16 karena 24 = 16. Kombinasi 8 bit berturut-turut disebut byte. Bit dihitung dari kanan ke kiri mulai dari 0:suatu byte menggunakan kombinasi 0 dan 1. Dan akan menemukan bahwa ada 256 kemungkinan kombinasi.
Cara lain untuk menemukannya adalah dengan menggunakan teknik 2 dasar:27 + 26 + 25 + 24 + 23 + 22 + 21 + 20= 128 + 64 + 32 + 16 + 8 + 4 + 2 + 1= 255 Oleh karena itu, nilai desimal maksimum yang dapat Anda simpan dalam byte adalah 255. Ingatlah bahwa byte dengan semua bit
memiliki nilai 0 memiliki nilainya diatur ke 0. Karena byte ini juga memegang nilai yang valid, jumlah kombinasi =255 + 1 = 256.
Satu-satunya jenis informasi yang dapat disimpan dalam byte adalah karakter atau simbol, seperti surat yang dapat dibaca dari alfabet: a, b, c, d, e, f, g, h, i, j, k, l, m, n, o, p, q, r, s, t, u, v, w, x, y, z, A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Selain karakter yang dapat dibaca ini, byte juga dapat menyimpan satu digit: 0, 1, 2,3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Sebuah byte juga dapat menyimpan simbol yang dapat dibaca atau tidak dapat dibaca seperti `~! @ # $% ^ & * () - _ =
+ [{]} \ | ; : '<? . /,> "Ini berarti bahwa kombinasi 8 bit, yang disebut byte, cukup untuk mewakili satu simbol yang dikenal dalam Bahasa Inggris.
sebenarnya sekelompok 1.024.000 byte yang disebut megabyte atau MB. Sekelompok 1.000.000.000 byte atau sebenarnya sekelompok 1.073.741.824 byte disebut gigabyte atau GB. Ukuran Drive Karena drive tidak dapat memiliki ruang tak terbatas, itu diakui untuk ukurannya. Ukuran drive dapat diukur oleh, atau ditentukan dalam, MB atau GB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Favorit Saya Di Google For Education

  Google For Education Apps. Berikut Aplikasi Faovarit Saya di Google For Education