MODUL PANDUAN PENULISAN ILMIAH
USULAN PENELITIAN
DAN TUGAS AKHIR
FAKULTAS ILMU
KOMPUTER
UNIVERSITAS
NASIONAL PASIM
2017
UNIVERSITAS NASIONAL PASIM BANDUNG
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
2017
PANDUAN PENULISAN LAPORAN ILMIAH UNIVERSITAS
NASIONAL PASIM
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
Penyusun:
Nur Alamsyah, S.T., M.Kom.
KATA PENGANTAR
Mengingat
setiap mahasiswa dilingkungan Universitas Nasional PASIM diharuskan untuk
membuat laporan karya ilmiah, baik laporan Kerja Praktek, Tugas Akhir maupun
skripsi, maka perlu dibuat pedoman panduan penulisan. Panduan ini dibuat dalam
rangka memudahkan para mahasiswa program Diploma 3 dan Sarjana S1 fakultas ilmu
komputer di Universitas Nasional PASIM untuk
menyusun laporan Kerja Praktek, Tugas Akhir maupun skripsi.
Susunan
penulisan karya ilmiah antar perguruan tinggi belum tentu sama, dengan demikian
diharapkan dengan disusunnya panduan ini dapat mempermudah mahasiswa dalam
menyusun karya ilmiah. Pada prinsipnya, panduan ini terbagi atas 2
bagian.Panduan revisi ke-2 ini ditujukan untuk menyempurnakan beberapa bagian
dan juga untuk lebih mengkomunikasikan standar penulisan yang baru.
Bagian pertama
menguraikan sistematika penulisan limiah dari awal hingga akhir. Sedangkan
bagian kedua lebih menjelaskan tatacara penulisan. Pada bagian akhir, juga
disertai contoh-contoh penulisan agar mahasiswa dapat melihat langsung
penerapan panduan ini ke dalam tugas akhirnya masing-masing. Diharapkan dengan
adanya panduan ini, sistematika penulisan ilmiah para mahasiswa dapat terarah,
tanpa menghambat proses inovasi dan kreativitas.
Akhir
kata, semoga panduan ini dapat memberikan manfaat.
Bandung,
September 2017
Tim
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Pengertian Penulisan Ilmiah
Penulisan ilmiah
dalam hal ini adalah kerja praktek, tugas akhir maupun skripsi adalah
matakuliah yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa diakhir masa studinya. Penulisan
ilmiah sebagai sarana pembuktian kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan
masalah yang dilandasi pemikiran ilmiah sesuai dengan program studinya. Tugas
akhir dan skripsi dalam lingkungan Universitas
Nasional PASIM mewajibkan setiap mahasiswa merancang
dan membuat produk perangkat lunak, dengan memanfaatkan tools dan ilmu yang
sudah didapatkan disemester sebelumnya. Produk perangkat lunak yang dimaksud
dapat berupa sistem informasi, aplikasi, website,
game dan animasi. Kegiatan ilmiah ini akan diakhiri dengan ujian sidang
tugas akhir dan skripsi yang akan memutuskan lulus tidaknya mahasiswa tersebut.
1.2 Tujuan Penulisan
Ilmiah
Tujuan utama dari
pembuatan karya ilmiah adalah untuk melatih mahasiswa dalam menyelesaikan suatu
permasalahan dengan kreatif dan ilmiah, sekaligus untuk menguji mahasiswa dalam
penerapan ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya. Pengujian ini diperlukan agar sesuai
dengan standar kelulusan yang sudah ditetapkan oleh lembaga.
Sedangkan tujuan
lainnya adalah agar mahasiswa mampu membuat karya tulis ilmiah dan
mempertanggung jawabkannya. Sekaligus dapat mengikuti perkembangan teknologi,
khususnya teknologi komputer.
1.3 Kedudukan Kerja Praktek, Tugas Akhir, Skripsi dan
Bobot SKS
Kerja praktek, Tugas akhir dan Skripsi
mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah lainnya, akan tetapi berbeda
dalam proses belajar mengajarnya dan cara penilaianya. Berikut bobot sksnya :
a. Kerja Praktek D3
bobot sebesar 3 sks.
b. Tugas Akhir D3
bobot sebesar 4 sks.
c. Kerja Praktek S1 bobot
sebesar 2 sks.
d. Skripsi S1 bobot
sebesar 6 sks.
1.4 Topik Tugas Akhir dan Skripsi
Penentuan
topik tugas akhir dan skripsi ditentukan sendiri oleh mahasiswa dengan beberapa
kriteria sebagai berikut :
a. Topik
tugas akhir dan skripsi disesuaikan dan sejalan dengan visi jurusan atau
program studi.
b. Pemilihan topik tugas akhir dan
skripsi harus mengikuti trend terkini teknologi komputer.
c. Topik tugas akhir harus dalam rumpun ilmu
komputer.
Berikut beberapa topik yang dapat diambil oleh mahasiswa :
1.
Jurusan Manajemen Informatika :
a.
Sistem Informasi dengan platform mobile device.
b.
Pengembangan perangkat lunak berbasis website.
c.
Aplikasi bisnis startup.
d.
Aplikasi bisnis e-commerce.
2.
Jurusan Teknik Informatika :
a)
Game development.
b)
Sistem informasi berbasis multimedia (e-learning, visual simulation, interactive application, dll)
c)
Perangkat lunak bantu pendukung keputusan.
d)
Apilkasi dengan kecerdasan buatan (AI).
e)
Aplikasi dengan platform mobile device.
f)
Multimedia dan Animasi.
BAB II
PERSYARATAN AKADEMIK, ADMINISTRASI
DAN PEMBIMBING
2.1 Persyaratan Akademik
Untuk menyusun tugas akhir dan skripsi, mahasiswa harus memenuhi persyaratan
akademik sebagai berikut :
1.
Untuk tugas akhir, sekurang kurangnya telah menyelesaikan
kredit sks sebesar 111 sks dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh, dan memiliki
nilai D maksimal 2 mata kuliah umum.
2.
Untuk skripsi, sekurang kurangnya telah menyelesaikan
kredit sks sebesar 140 sks dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh, dan memiliki
nilai D maksimal 2 mata kuliah umum.
3. Telah menyelesaikan mata kuliah
prasyarat bagi tugas akhir dan skripsi tersebut.
2.2 Persyaratan
Administratif
Persyaratan
adminitratif yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa untuk menyusun tugas akhir
dan skripsi adalah :
1.
Harus memenuhi persyaratan akademik yang ada di butir 2.1
2.
Mengontrak mata kuliah tugas akhir atau skripsi yang telah
disetujui oleh bagian akademik dan Kaprodi.
2.3 Persyaratan Pembimbing
Proses penyusunan tugas akhir maupun skripsi dibimbing oleh seorang
pembimbing yang ditunjuk oleh ketua jurusan dimana program tersebut
diselenggarakan dengan jabatan fungsional serendah rendahnya asisten ahli.
Pembimbing yang berasal dari tenaga pengajar tidak tetap dapat ditunjuk apabila
tenaga pembimbing dari tenaga pengajar tetap tidak mencukupi tenaga pembimbing
dengan syarat kompeten dibidangnya, sudah memiliki NIDN dan jabatan fungsional
serendah rendahnya asisten ahli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar