Minggu, 14 April 2019

Usulan Penelitian Prodi Teknik Informatika UNAS PASIM


MODUL PANDUAN PENULISAN ILMIAH
USULAN PENELITIAN DAN TUGAS AKHIR





















FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS NASIONAL PASIM
2017








UNIVERSITAS NASIONAL PASIM BANDUNG
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
2017


PANDUAN PENULISAN LAPORAN ILMIAH UNIVERSITAS NASIONAL PASIM
FAKULTAS ILMU KOMPUTER














Penyusun:
Nur Alamsyah, S.T., M.Kom.


























KATA PENGANTAR


Mengingat setiap mahasiswa dilingkungan Universitas Nasional PASIM diharuskan untuk membuat laporan karya ilmiah, baik laporan Kerja Praktek, Tugas Akhir maupun skripsi, maka perlu dibuat pedoman panduan penulisan. Panduan ini dibuat dalam rangka memudahkan para mahasiswa program Diploma 3 dan Sarjana S1 fakultas ilmu komputer di Universitas Nasional PASIM untuk  menyusun laporan Kerja Praktek, Tugas Akhir maupun skripsi.
Susunan penulisan karya ilmiah antar perguruan tinggi belum tentu sama, dengan demikian diharapkan dengan disusunnya panduan ini dapat mempermudah mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah. Pada prinsipnya, panduan ini terbagi atas 2 bagian.Panduan revisi ke-2 ini ditujukan untuk menyempurnakan beberapa bagian dan juga untuk lebih mengkomunikasikan standar penulisan yang baru.
Bagian pertama menguraikan sistematika penulisan limiah dari awal hingga akhir. Sedangkan bagian kedua lebih menjelaskan tatacara penulisan. Pada bagian akhir, juga disertai contoh-contoh penulisan agar mahasiswa dapat melihat langsung penerapan panduan ini ke dalam tugas akhirnya masing-masing. Diharapkan dengan adanya panduan ini, sistematika penulisan ilmiah para mahasiswa dapat terarah, tanpa menghambat proses inovasi dan kreativitas.

Akhir kata, semoga panduan ini dapat memberikan manfaat.















Bandung, September 2017


Tim Penyusun











BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Pengertian Penulisan Ilmiah
Penulisan ilmiah dalam hal ini adalah kerja praktek, tugas akhir maupun skripsi adalah matakuliah yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa diakhir masa studinya. Penulisan ilmiah sebagai sarana pembuktian kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dilandasi pemikiran ilmiah sesuai dengan program studinya. Tugas akhir dan skripsi dalam lingkungan Universitas Nasional PASIM mewajibkan setiap mahasiswa merancang dan membuat produk perangkat lunak, dengan memanfaatkan tools dan ilmu yang sudah didapatkan disemester sebelumnya. Produk perangkat lunak yang dimaksud dapat berupa sistem informasi, aplikasi, website, game dan animasi. Kegiatan ilmiah ini akan diakhiri dengan ujian sidang tugas akhir dan skripsi yang akan memutuskan lulus tidaknya mahasiswa tersebut.

1.2       Tujuan Penulisan Ilmiah
Tujuan utama dari pembuatan karya ilmiah adalah untuk melatih mahasiswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan kreatif dan ilmiah, sekaligus untuk menguji mahasiswa dalam penerapan ilmu yang sudah dipelajari sebelumnya. Pengujian ini diperlukan agar sesuai dengan standar kelulusan yang sudah ditetapkan oleh lembaga.
Sedangkan tujuan lainnya adalah agar mahasiswa mampu membuat karya tulis ilmiah dan mempertanggung jawabkannya. Sekaligus dapat mengikuti perkembangan teknologi, khususnya teknologi komputer.

1.3       Kedudukan Kerja Praktek, Tugas Akhir, Skripsi dan Bobot SKS
   Kerja praktek, Tugas akhir dan Skripsi mempunyai kedudukan yang sama dengan mata kuliah lainnya, akan tetapi berbeda dalam proses belajar mengajarnya dan cara penilaianya. Berikut bobot sksnya :
a. Kerja Praktek D3 bobot sebesar 3 sks.
b. Tugas Akhir D3 bobot sebesar 4 sks.
c. Kerja Praktek S1 bobot sebesar 2 sks.
d. Skripsi S1 bobot sebesar 6 sks.
           


1.4       Topik Tugas Akhir dan Skripsi
Penentuan topik tugas akhir dan skripsi ditentukan sendiri oleh mahasiswa dengan beberapa kriteria sebagai berikut :
a.     Topik tugas akhir dan skripsi disesuaikan dan sejalan dengan visi jurusan atau program studi.
b.     Pemilihan topik tugas akhir dan skripsi harus mengikuti trend terkini teknologi komputer.
c.      Topik tugas akhir harus dalam rumpun ilmu komputer.

Berikut beberapa topik yang dapat diambil oleh mahasiswa :
1.    Jurusan Manajemen Informatika :
a.    Sistem Informasi dengan platform mobile device.
b.    Pengembangan perangkat lunak berbasis website.
c.    Aplikasi bisnis startup.
d.   Aplikasi bisnis e-commerce.
2.    Jurusan Teknik Informatika :
a)    Game development.
b)   Sistem informasi berbasis multimedia (e-learning, visual simulation, interactive application, dll)
c)    Perangkat lunak bantu pendukung keputusan.
d)   Apilkasi dengan kecerdasan buatan (AI).
e)    Aplikasi dengan platform mobile device.
f)    Multimedia dan Animasi.










BAB II
PERSYARATAN AKADEMIK, ADMINISTRASI DAN PEMBIMBING

2.1       Persyaratan Akademik
Untuk menyusun tugas akhir dan skripsi, mahasiswa harus memenuhi persyaratan akademik sebagai berikut :
1.    Untuk tugas akhir, sekurang kurangnya telah menyelesaikan kredit sks sebesar 111 sks dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh, dan memiliki nilai D maksimal 2 mata kuliah umum.
2.    Untuk skripsi, sekurang kurangnya telah menyelesaikan kredit sks sebesar 140 sks dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh, dan memiliki nilai D maksimal 2 mata kuliah umum.
3.    Telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat bagi tugas akhir dan skripsi tersebut.


2.2       Persyaratan Administratif
Persyaratan adminitratif yang harus dipenuhi oleh seorang mahasiswa untuk menyusun tugas akhir dan skripsi adalah :
1.    Harus memenuhi persyaratan akademik yang  ada di butir 2.1
2.    Mengontrak mata kuliah tugas akhir atau skripsi yang telah disetujui oleh bagian akademik dan Kaprodi.

2.3       Persyaratan Pembimbing
Proses penyusunan tugas akhir maupun skripsi dibimbing oleh seorang pembimbing yang ditunjuk oleh ketua jurusan dimana program tersebut diselenggarakan dengan jabatan fungsional serendah rendahnya asisten ahli. Pembimbing yang berasal dari tenaga pengajar tidak tetap dapat ditunjuk apabila tenaga pembimbing dari tenaga pengajar tetap tidak mencukupi tenaga pembimbing dengan syarat kompeten dibidangnya, sudah memiliki NIDN dan jabatan fungsional serendah rendahnya asisten ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Favorit Saya Di Google For Education

  Google For Education Apps. Berikut Aplikasi Faovarit Saya di Google For Education