Senin, 08 Desember 2014

Animation Creative Industries in Indonesia

Pagi ini sengaja saya tulis tentang dunia kreatif animasi di Indonesia khususnya Indonesia. Ini terinspirasi anak yang sangat suka menonton serial animasi pada saat pagi hari, kebetulan serial - serial yang ditonton adalah serial yang dibuat oleh negara tetangga dan negara luar lainnya. Pertanyaannya adalah, apa ada serial animasi yang diproduksi di dalam negeri? atau seberapa besar bargaining pasar animasi lokal dibandingkan dengan animasi luar negeri?

Coba kita ulas satu persatu, kalau dari sisi skill animator di Indonesia, saya rasa bisa sangat bersaing dengan animator - animator dari luar negeri, beberapa teman dan mahasiswa penulis pun bisa di acungi jempol untuk skill animasinya. Pada tahun 2009, mungkin rekan - rekan pernah mendengar film animasi "kabayan lip lap" yang di produksi oleh castle production, serial mama papa yang diproduksi PS manimonki (khusus ini tchnical directornya Fauzi alumni mhs AMIK HASS Bandung), si entong yang diproduksi mnc tv, dll. Kalau dilihat cukup menarik, akan tetapi ironisnya secara tayang, jamnya lebih sedikit dan sepertinya pasarnya cukup sempit, padahal dinegeri sendiri. Ibaratnya "dijajah" dinegeri sendiri.

Jadi kalau begitu, apanya yang salah? penulis meyimpulkan bukan dari personal nya, akan tetapi dari sisi regulasi yang dibuat oleh pemerintah. Harus ada keberpihakan terhadap industri animasi lokal. Seperti :

1. Setiap statiun TV nasional diwajibkan menyediakan spot waktu "sekian persen" dari total jam tayang selama 1 hari untuk menayangkan karya - karya anak bangsa. Dan ini disubsidi oleh pemerintah.

2. Subsidi infrastruktur, karena dengan skill yang baik pun kalau infrastrukturnya kurang hasilnya akan tidak baik. Dan alat untuk industri animasi ini lumayan mahal.

3. Adanya regulasi pembatasan jam tayang animasi luar, dibanding dengan animasi lokal.

4. Berikan beasiswa kepada pekerja seni Indonesia untuk bisa menuntut ilmu agar skill nya dapat lebih baik lagi.

5. Yang terakhir, buat aturan standar gaji yang baik bagi pekerja kreatif (khususnya Animasi) di Indoensia.

Mudah - mudahan dengan adanya bantuan regulasi yang baik, industri kreatif khususnya animasi di Indonesia semakin baik lagi dan dapat "berunjuk gigi" di negeri sendiri. Intinya kembali lagi kepada kesungguhan dan keberpihakan pemerintah terhadap karya anak negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Favorit Saya Di Google For Education

  Google For Education Apps. Berikut Aplikasi Faovarit Saya di Google For Education