Kamis, 18 Desember 2014

Think To Be Smart Campus

Smart Campus yang dimaksud adalah kampus perguruan tinggi yang proses belajar mengajarnya sudah diatas 60 % memanfaatkan teknologi informasi. Sebagai contoh, sebagian aktifitas proses belajar - mengajarnya sudah memanfaatkan media internet, atau biasa disebut "e-learning", kemudian proses administrasinya pun sebagian besar dapat ber-transaksi secara online. Namun ada beberapa hal yang harus disiapkan agar "smart campus" yang dimaksud dapat terlaksana dengan baik, antara lain :

1. Infrastruktur.
Unsur infrastruktur ini sangat fundamental, dikarenakan ini adalah alat yang akan digunakan sebagai media yang "menjembatani" anatara "pelaku"/user dengan program. Infrastruktur yang dimaksud berupa : Jaringan Internet, LAN (Cable & Wifi), Mikrotik, Server, dll.

2. Aplikasi yang berbasis web, ini yang biasa disebut dengan istilah Sistem Informasi Akademik (SIA). Di sistem ini terdapat sebuah data base yang akan menampung data - data yang berkaitan dengan kebutuhan fungsional kampus

3. Kurikulum
Kurikulum yang dimaksud adalah kurikulum yang dapat menyesuaikan dengan sistem e-learning, ini agak berbeda dengan sistem pengajaran secara konvensional, dikarenakan tool utamanya menggunakan media internet.

4. Pengetahuan
Pengetahuan tentang bagaimana menggunakan teknologi sangat dibutuhkan oleh user / pengguna yang akan menggunakan aplikasi ini. Baik dari sisi Manajemen, Dosen dan mahasiswa.

5. Mental
Untuk hal yang satu ini, jujur saja agak sulit dapat dengan cepat menyesuaikan, dikarenakan bagi yang sudah terlalu lama sudah "nyaman" menggunakan media konvensional, agak sulit dapat dengan cepat beradaptasi dengan cara serba online. Akan tetapi tetap harus ada transformasi jika ingin menjalankan "rencana" ini.

Begitulah antara lain beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat dan menjalankan "smart capus". Penulis belum sempat buat gambaran skemanya, akan tetapi rencananya kedepan tulisan ini akan dilengkapi gambar skemanya agar dapat lebih terperinci dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Favorit Saya Di Google For Education

  Google For Education Apps. Berikut Aplikasi Faovarit Saya di Google For Education