Selasa, 09 Desember 2014

MODEL PENERIMAAN PENGGUNAAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA BELAJAR MAHASISWA DENGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Kita sering mendengar teknologi pembelajaran E-Learning dengan banyak sekali manfaatnya jika kita memanfaatkan teknologi tersebut, diantaranya :

1. Mahasiswa dapat ber-interaksi dengan Dosennya tanpa harus bertatap muka dikelas, cukup dengan menggunakan media Internet.

2. Mahasiswa mendapatkan materi dari dosen tanpa harus datang ke kampus, dengan kata lain waktunya sangat fleksibel.

3. Paper Less, artinya bahan ajar, modul atau handout tidak dalam bentuk cetak kertas, otomatis akan menghemat pengeluaran

4. Efisiensi dalam penyediaan tempat kelas.

Intinya, adanya efisiensi dari sisi waktu, tempat dan pastinya biaya yang harus dikeluarkan baik oleh mahasiswa maupun lembaga perguruan tingginya. Akan tetapi, pertanyaannya apakah E-Learning sudah dapat diterima oleh mahasiswa "kita"? apakah E-Learning sudah dapat diterapkan dengan baik di "kita"?, oleh karena itu berdasarkan permasalahn tersebut penulis mencoba membuat penelitian tentang penerimaan teknologi oleh user, dalam hal ini adalah teknologi E-Learning.

Dengan menggunakan model SEM (Structural Equation Model), dan tools AMOS dan SPSS, hasilnya sbb:

1. Sistem belajar dengan e-learning dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, oleh karena itu diharapkan pihak kampus dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap sistem e-learning pada universitas sangga buana Bandung.

2. Teknologi internet saat ini sudah sangat berkembang dengan pesatnya. Sehingga dapat digunakan menjadi salah satu teknik pembelajaran, yaitu e-learning. Dengan demikian diharapkan pihak universitas sangga buana dapat memberikan fasilitas yang menunjang untuk pelayanan e-learning tersebut.

3. Penelitian mengenai model penerimaan e-learning ini sebaiknya dilakukan diseluruh fakultas agar dapat mendapatkan data penelitian yang lebih mendekati kenyataan.

Demikian, Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi Favorit Saya Di Google For Education

  Google For Education Apps. Berikut Aplikasi Faovarit Saya di Google For Education